Tips Merawat Flash Disk

.

Dapat kita lihat dengan jelas bahwa teknologi flash disk (FD) kini merupakan yang paling unggul untuk media penyimpanan eksternal, baik dari segi kapasitas yang beragam, kemudahan dalam penggunaan, portability, dll. Dengan jamaknya penggunaan FD, ada baiknya kita tahu lebih jauh, terutama mengenai bagaimana seharusnya merawat FD tersebut agar dapat bertahan lama. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan, yaitu:
1. Hindarkan dari panas
Komponen FD terdiri dari logam yang akan memuai apabila terkena panas. Maka itu, hindari meletakkan FD dalam ruangan yang panas, seperti bagasi mobil, atau bahkan tempat yang terkena sinar matahari langsung.
2. Hindarkan dari medan magnet
Medan magnet akan dengan mudah memengaruhi chips atau logam-logam kecil di dalam FD. Jadi, hindari meletakkan FD dekat dengan TV, radio tape, speaker active, ataupun HP yang menghasilkan gelombang radio dan magnet.
3. Tutup selalu
Debu atau kotoran dapat menyebabkan proses baca tulis sering gagal atau bahkan tidak terbaca sama sekali. Usahakan selalu menutupnya ketika tidak digunakan. Untuk alasan yang sama, model FD yang memiliki tutup rapat lebih dianjurkan ketimbang FD yang tidak tertutup dengan sempurna.
4. Lakukan prosedur eject atau stop
Selalu lakukan proses eject/stop/safely remove/unmount ketika akan mencabut FD dari komputer. Kalau tidak, selain rawan pada data, umur FD dapat menjadi lebih pendek atau bahkan menjadi rusak.
5. Minimalisasi proses hapus tulis
Untuk diperhatikan, usia FD kira-kira 10.000 s/d 100.000 proses hapus tulis. Minimalisasi proses-proses tersebut. Satu tips, lebih baik jika data yang memang akan diedit, disalin/copy dulu ke komputer. Jangan melakukan pengeditan langsung dari FD. Sering karena malas atau terburu-buru, kita melakukan buka dan edit file langsung dari FD. Padahal itu berpotensi membuat FD kita menjadi tidak awet.(mei)

0 komentar:

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com