Menang Bersama Orang Lain

.


Judul: 25 Ways to Win With People, Buatlah Orang Lain Merasa Sangat Berharga
Penulis: John C. Maxwell dan Les Parrot Ph.D.
Penerjemah: Catherine Konggiwinata
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Kedua, Juni 2007
Tebal: 210 halaman + xviii



Sebagian besar tindakan dalam hidup Anda, Anda gunakan untuk menambah kualitas hidup Anda masing-masing tanpa menghiraukan orang lain. Namun tanpa disadari, orang lain di sekeliling Anda pun turut menyumbangkan bakat, kemampuan dan inspirasi mereka untuk menginspirasi apa yang akan Anda perbuat. Dalam rubrik resensi kali ini, Anda akan belajar bagaimana caranya menang bersama orang lain di sekitar Anda, yang dikupas habis oleh sebuah buku tulisan seorang pakar kepemimpinan dan motivator modern terbesar, John C. Maxwell dan rekannya Les Parrott, Ph.D. Bukunya berjudul “25 Ways to Win With People, Buatlah Orang Lain Merasa Berharga.”

Bab 1 buku ini menjelaskan bahwa kunci dari bagaimana cara Anda menang bersama orang lain adalah harus dimulai dari diri Anda sendiri. Disini dijelaskan bahwa Anda selaku individu tidak akan bisa memberikan apa yang tidak Anda miliki. Maksudnya adalah jika Anda ingin menolong orang lain, Anda harus memiliki sesuatu yang dapat menolong orang terlebih dahulu baru Anda dapat menolong orang tersebut.

Kemudian pada bab 2 dikisahkan bahwa jika Anda bertemu dengan seseorang, entah siapa orang tersebut, gunakanlah 30 detik pertama dalam percakapan untuk mengatakan sesuatu yang membesarkan hati lawan bicara. Dalam bab ini juga terdapat kata ”Penggosip adalah orang yang berbicara kepada Anda mengenai orang lain. Orang menjemukan adalah orang yang bercakap kepada Anda tentang dirinya sendiri. Dan ahli percakapan brilian adalah orang yang bercakap kepada Anda tentang diri Anda.” Kata–kata tersebut bukan sekedar bahasa gombal saja. Jika Anda praktekkan hal itu, hubungan Anda dengan orang-orang disekitar akan menjadi lebih baik.

Selain itu, Anda juga harus berani terjun langsung ke lapangan agar mengetahui keadaan di sekitar Anda tanpa ada kata takut, ragu, dan segan. Disini Anda tidak lagi memikirkan apa yang dibutuhkan (diluar kemampuan Anda) untuk dapat membantu orang lain, melainkan apa yang dapat Anda berikan untuk membantu orang lain dengan kemampuan yang Anda miliki. ”Jika Anda ingin kesenangan satu jam – tidurlah, jika Anda ingin kesenangan satu hari – pergilah memancing, jika Anda ingin kesenangan satu bulan – menikahlah, jika Anda ingin kesenangan satu tahun – warisilah nasib baik, jika Anda ingin kesenangan seumur hidup – tolonglah orang lain.” (bab 13) Namun tidak kalah penting lagi, jika Anda ingin menang dengan orang lain, Anda harus bisa mendengarkan hati Anda. Maksudnya adalah Anda disarankan lebih memperhatikan makna yang tersirat dari yang dikatakan bukan makna yang tersurat. (bab 15)

Secara garis besar, buku ini mengisahkan bahwa Anda tidak sendiri di dunia ini. Oleh karena itu, mari kita menang bersama dengan orang lain di sekitar kita. Buku ini menggunakan bahasa sederhana yang dikemas sedemikian rupa sehingga dapat dibaca oleh semua kalangan.

Untuk menang Anda tidak perlu mengalahkan siapapun, karena hanya dalam kamus kata lose muncul lebih dulu daripada kata win.(pdk)

1 komentar:

Hidup Adalah Perjuangan mengatakan...

Laar biasa.
Menang bersama itu hebat.
tERIMAKASIH
menang BERSAMA
Hidup Adalah Perjuangan

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com