Rakernas VI KMHDI, Menyusun Strategi Nasional

.


Surabaya mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah Rakernas (Rapat Kerja Nasional) KMHDI VI. Acara rakernas ini tepatnya dilaksanakan tanggal 30 September-1 Oktober 2008 di Pura Agung Jagad Karana. Karena berlangsung selama dua hari, peserta yang berasal dari luar Surabaya bersama-sama mekemit di Sekolah Saraswati yang ada di pura tersebut.

Sempat terjadi masalah, yaitu jumlah pengurus Pimpinan Pusat (PP) yang hadir sebagai peserta. Hal ini menyebabkan kuota keabsahan rapat tersebut tidak terpenuhi. Acara pun sempat terombang-ambing, sampai akhirnya setelah bermusyawarah, muncul kesepakatan untuk melanjutkan acara tersebut. Pertimbangannya, ada peraturan pada rapat tersebut yang menoleransi kejadian itu. Selain itu, beberapa pengurus yang masih dalam perjalanan, nantinya akan dapat memenuhi kuorum rakernas.

Saat itu, memang tidak semua pengurus PP hadir. Jumlah tiket yang langka dan harganya yang melambung, disebabkan oleh momen hari raya, membuat beberapa pengurus tidak dapat mengikuti agenda penting itu. “Se-belumnya telah diperkirakan berbagai kendala pada saat Rakernas ini dilangsungkan. Tetapi dengan berbagai macam pertimbangan, akhirnya muncul kesepakatan mengenai pengadaan Rakernas yaitu pada tanggal 30 Sep tember - 1 Oktober 2008 ini”, terang I Putu Lisna Kurniawan, Ketua Departemen Litbang PP KMHDI.

Setelah melalui berbagai macam pembahasan, program kerja-program kerja yang telah disusun pun disahkan. Program kerja yang telah berlangsung selama ini akan dilanjutkan dan lebih diintensifkan lagi pelaksanaannya. Selain itu ada juga beberapa program kerja baru. Salah satunya mengenai pemantapan dan perkembangan KMHDI di daerah-daerah yang masih “layu” pengkaderan mahasiswa Hindu-nya, misalnya daerah Yogyakarta, Sulawesi, dan NTB. “Kita akan mengadakan peninjauan dan sosialisasi di tempat-tempat yang sebenarnya memiliki potensi itu”, kata I Putu Wisnu Merthayoga, Presidium PP KMHDI itu.

Rakernas VI ini telah berakhir, tetapi semangat juang tidaklah padam. Program kerja yang telah dihasilkan menjadi panduan dalam melangkah, memberikan perwujudan nyata untuk menjadi lebih baik ke depannya. Harapan mengenai Rakernas itu disampaikan oleh Wisnu. “Semoga KMHDI semakin berkembang di beberapa daerah dan kader-kadernya semakin baik nantinya dengan berlandaskan Dharma Agama dan Dharma Negara”, lanjut mantan ketua PC KMHDI Surabaya tersebut.(ayu)

0 komentar:

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com