5 cm : The Inspiring Book

.



Judul Buku : 5 cm
Penulis : Donny Dhirgantoro
Penerbit : PT Grasindo
Cetakan : Kesebelas, Maret 2008
Tebal : 381 halaman



“…yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka tinggal mempercayainya…”


Sebuah kalimat klise memang, apalagi untuk Anda yang tidak biasa bermimpi atau bahkan tidak berani untuk bermimpi. Tapi simpan dulu pendapat anda sampai anda selesai membaca novel karya Donny Dhirgantoro ini. Impian, cinta, dan kehidupan. Ketiganya dikemas dengan begitu cerdas, dengan bahasa yang sederhana dan ringan. Singkatnya, buku ini menunjukkan betapa besarnya kekuatan mimpi, misteri cinta, dan sejuta kejutan dalam kehidupan. Sang penulis tidak saja mempersembahkan buku yang menarik untuk dibaca, tapi juga sebuah buku yang secara implisit menunjukkan rasa cinta kepada bangsa ini, hal yang sudah sangat jarang ada dalam sebuah novel fiksi. Tidak heran buku ini tercatat sebagai salah satu best seller di Indonesia.

Cerita dimulai dari persahabatan antara lima manusia yang telah terjalin selama tujuh tahun. Sifat mereka yang begitu ajaib membuat mereka saling melengkapi satu sama lain. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama, melakukan hal-hal yang tidak biasa, hingga suatu saat kebosanan muncul di benak mereka. Dan akhirnya mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah terjadi petualangan baru yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Namun rasa kehilangan dan kerinduan tak bisa dihindari. Semua itu terbayarkan dengan pertemuan dalam sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan untuk membagikan seluruh kekayaan baru itu. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, bukan cuma seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama. Sebuah perjalanan yang saya yakin akan membekas di hati Anda.

Hal lain yang menarik di buku ini adalah penulis menyelipkan lirik lagu di sela-sela cerita untuk mendeskripsikan perasaan karakter atau kejadian yang sedang terjadi. Penyelipan lirik-lirik lagu tersebut merupakan siasat yang sungguh brilian. Cerita menjadi lebih hidup dan lebih menarik untuk dibaca. Namun saya tidak akan heran jika sebagian dari Anda merasa kebingungan dengan beberapa lirik lagu tersebut. Hal ini mungkin disebabkan oleh perbedaan generasi dan juga perbedaan selera musik antara penulis dan pembaca. Terlepas dari itu semua, saya yakin Anda tidak akan dapat melepaskan mata dan pikiran Anda dari buku ini. Kata demi kata, kalimat demi kalimat, halaman demi halaman hingga Anda selesai menelan dan mencerna semua yang ada pada buku ini dan ketika itu Anda akan menyadari betapa banyak hal baru yang Anda dapatkan, hanya dengan duduk dan membaca buku ini sampai lembar yang terakhir.(nyk)

0 komentar:

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com