Menjadi Pemimpin

.

Kita semua nantinya akan menjadi seorang pemimpin. Arti pemimpin di sini bukan hanya terbatas untuk memimpin suatu organisasi yang terdiri dari beratus bahkan beribu-ribu orang anggota. Dalam sebuah keluarga pun harus memiliki seorang pemimpin.

Kawan-kawan ingat bahwa seorang pemimpin itu bukan dilahirkan tetapi dibentuk. Oleh karena itu jangan pernah berhenti mencoba. Cobalah terus, karena dalam percobaan yang baru, kawan-kawan akan mendapatkan sesuatu hal yang baru pula.

Dalam diri kita sudah terdapat kharisma yang ada sejak lahir. Namun sayangnya banyak orang yang tidak sadar kalau di dalam dirinya sudah tertanam kharisma pemimpin, yang belum terasah saja. Berikut ini saya kutipkan tips bagaimana cara mengembangkan kharisma kawan-kawan.

1. Keyakinan diri kawan-kawan sendiri itu sangat penting. Artinya dalam mengambil suatu keputusan, pekerjaan, dan lain sebagainya diperlukan sebuah keyakinan. Intinya kawan-kawan harus yakin terlebih dahulu.

2. Hindari wajah muram. Wajah berseri-seri tentu lebih enak dipandang daripada wajah muram. Hal inilah yang kawan-kawan jauhi jika bertemu dengan orang lain.

3. Ambillah sebuah sikap yang tegas, jika diperlukan.

4. Risih dalam menyampaikan pendapat itu tabu. Kita harus berani menyampaikan pendapat kita. Tidak ada salahnya untuk menyampaikan pendapat Anda ke depan forum, namun kata-kata yang digunakan harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

5. Ingat selalu dengan orang lain. Hal yang paling mudah adalah mengingat namanya.

6. Spontanitas itu juga penting. Kita sekali-kali juga perlu mengambil suatu tindakan yang spontan.

7. Mantapkanlah diri Anda pada bakat Anda. Dengan memantapkan diri Anda pada bakat Anda, kharisma Anda akan mulai terbentuk.

8. Andalkan inisiatif. Biasakan diri menjadi pelaksana. Dengan menjadi pelaksana langsung, Anda akan belajar untuk menyelesaikan masalah.

Sikap seorang pemimpin juga dapat dibentuk. Sikap dibentuk dengan cara bercermin pada sikap-sikap seseorang atau dengan mencontoh sikap positifnya. Berikut merupakan sikap para dewa yang tercantum pada Rama Asta Brata yang patut ditiru.

1.Indra Brata : berwibawa, sejuk dan memberi kesejahteraan kepada rakyat yang dipimpinnya.

2.Yama Brata : adil, objektif, tidak terpengaruh pada hal apapun.

3.Surya Brata : semangat, tidak membeda-bedakan.

4.Chandra Brata : damai, memberi pencerahan.

5.Vhayu Brata : berada di tengah-tengah anggotanya, memberi kesegaran dan kesejukan.

6.Bumi Brata : sabar dan tenang.

7.Baruna Brata : meiliki pengetahuan yang luas, bijaksana.

8.Agni Brata : berani, tegas.

Dengan ulasan di atas saya berharap kawan-kawan nantinya dapat menjadi seorang pemimpin yang karismatis, memiliki citra dan dapat bersikap.


I.G.N. Putra Dharma Kusuma
Sekretaris PC KMHDI Surabaya

0 komentar:

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com