Pranayama

.

Pranayama memainkan peranan yang sangat penting dalam raja yoga. Tidak ada definisi yang tepat untuk Prana. Prana tidak berarti “nafas” atau “pikiran”. Beberapa orang mengatakan bahwa prana artinya aliran hidup (vital current) dalam tubuh. Ayama artinya menahan (restraint). Jadi pranayama artinya menahan aliran kehidupan dalam badan. Beberapa orang mendefinisikan pranayama sebagai penghubung antara kesadaran absolut pikiran dan badan. Hubungan intim yang ada antara prana, pikiran dan nafas digunakan dalam berbagai aliran yoga. Beberapa bagian dari Raja Yoga, Chitta Vritti, atau getaran-getaran mental dikendalikan oleh kekuatan kehendak (will power), dan prana secara tidak langsung berada di bawah kendali pikiran.

Apakah nafas dan prana adalah satu dan sama?
Nafas bukan prana tetapi para Maharesi telah menemukan satu hubungan langsung antara keduanya. Maharsi Patanjali mengata-kan dalam Yoga Sutra, “Pengaturan kendali nafas atau kendali Prana adalah penghentian penarikan atau pengeluaran nafas”. Dalam Bhagawad Gita dijelaskan tentang Pranayama dengan cara yang sangat rinci. Beberapa orang menawarkan Prana (nafas keluar) dalam apana (nafas masuk) dan Apana dalam Prana, menahan jalan Prana dan Apana diserap dalam Pranayama.

Latihan pranayama yang sebenarnya
Dengan mengendalikan gerakan organ jantung dan pernafasan, kita secara tidak langsung mengendalikan Prana yang bergetar di dalam diri kita semua. Beberapa orang mempraktekkan satu jenis Pranayama yang disebut Purakha (menghirup nafas). Beberapa orang lagi mempraktekkan Pranayama yang disebut Rechaka (mengeluarkan nafas). Beberapa orang mempraktekkan Kumbhaka, dimana nafas ditahan di dalam tubuh. Umumnya praktek pranayama merupakan gabungan dari Purakha, Recakha dan Kumbakha. Ada beberapa jenis Pranayama. Secara mendasar mereka dibagi menjadi Adhama, Madhyama dan Uttama. Pembagian ini didasarkan atas perbedaan waktu dalam periode Purakha. Rasio atau perbandingan waktu antara Purakha, Kumbakha dan Recakha dalam ketiga metode ini adalah 1:4:2. Sagarbha Pranayama adalah pranayama yang dilakukan bersama dengan pengucapan Japa mantra seperti Gayatri atau Pranawa (AUM). Kriya Yoga adalah metode Pranayama yang terbaik yang diajarkan oleh orang-orang suci Hindu. Bernafas secara ritmik adalah keseimbangan tindakan antara tahapan Purakha, Kumbakha dan Rechaka.

Apakah latihan nafas dalam-dalam merupakan bentuk dari Pranayama?
Latihan bernafas dalam-dalam bukan merupakan Pranayama. Latihan-latihan semacam itu dapat dilakukan oleh siapa saja di setiap waktu. Pranayama hendaklah dilakukan dengan bimbingan seorang guru yang ahli. Pranayama hendaknya tidak dilakukan dengan membaca buku atau dengan mendengar penjelasan (narasi). Tubuh harus dikondisikan untuk menerima kekuatan yang ditimbulkan di dalamnya untuk mengendalikan Prana. Kontrol makanan yang tepat juga perlu untuk mencapai hasil yang baik. Biasanya Pranayama dipraktekkan oleh pemula engan duduk dalam posisi Padmasana (Bunga teratai, bunga Padama). Ini juga dapat dipraktekkan dalam posisi Shawasana (posisi tubuh orang mati).(tan)

0 komentar:

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com