Baksos dan Suksesi UKMKHD UNAIR

.

Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Hindu Dharma (UKMKHD) Universitas Airlangga mengadakan kegiatan bakti sosial dan suksesi yang dilaksanakan di Tulungagung, Jawa Timur, tanggal 19-21 Maret 2008. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja UKMKHD UNAIR pada periode 2007-2008. Bakti sosial diketuai oleh Putu Lestari Wedayanti dan suksesi diketuai oleh Prima Diahtika.

Kegiatan baksos yang dilakukan meliputi pembangunan pura dan pengobatan gratis. Untuk suksesi dilakukan pada malam hari setelah megadakan bakti sosial. Rangkaian kegiatan ditutup dengan hiking bersam pada hari terakhir.

Mahasiswa UNAIR melakukan kegiatan baksos pada hari kedua (20/3). Mereka terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok pembangunan pura dan kelompok pengobatan gratis. Kelompok pengobatan gratis berasal dari fakultas yang berkecimpung dalam masalah kesehatan, yaitu Kedokteran dan Farmasi, sedangkan kelompok pembangunan pura berasal dari fakultas MIPA, Sastra, dan lain-lain.

Pembangunan pura dilaksanakan di Dusun Tenggong Desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolanggu. Jarak dari TELKOM, basecamp mahasiswa UKMHKHD Unair selama acara, ke dusun tersebut ± 3 km. Perjalanan ke pura harus melewati gang-gang kecil dan bukit yang ditumbuhi rumput dan pepohonan.

Pura yang akan dibangun adalah Pura Jagad Tulung Urip. Disana hanya terdapat sebuah padmasana tanpa pagar di sekelilingnya. Belum begitu tampak bahwa bangunan itu adalah pura karena keadaannya masih sangat sederhana. Perlu diketahui, masyarakat di desa ini masih menganut aliran kepercayaan kejawen. Umat Hindu yang ada di desa ini masih menggunakan identitas keyakinan lain. Walaupun begitu, mereka menginginkan adanya pura sebagai wadah mereka melaksanakan ibadahnya. Semangat tersebut memicu umat sekitar untuk dapat membangun pura.

Lalu bagaimana dengan pengobatan gratis? ”Walaupun mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, karena pada umumnya masyarakat setempat menggunakan bahasa Jawa, tetapi kegiatan ini pun dapat berjalan dengan lancar”, ujar Ayu yang sedang menjalani kuliah keperawatan di UNAIR. Pengobatan gratis yang dilaksanakan di Desa Sawo Kecamatan Campur Darat berlokasi agak jauh dari TELKOM, yaitu sekitar 22 km. Dengan ditemani oleh 2 dokter, proses pemeriksaan berjalan dengan baik. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa berdatangan ke tempat pengobatan gratis itu. Tentunya agar tidak terjadi penumpukkan pasien, digunakan sistem kupon.

Suksesinya sendiri dilaksanakan sekitar pukul 19.00 WIB pada hari yang sama. Calon-calon ketuanya yaitu Ida Ayu Agung Paramitaswari (dari Fakultas Sastra), I Putu Dananjaya (FISIP), Made Dwinita Sarawati (Sastra), Anak Agung Made Surya Aditya (Hukum), Ni Wayan Vira F.S. (Hukum), dan I Ketut Bayu Kumara (FKH). Pemilihan pun berjalan dengan lancar. Hingga akhirnya pada pukul 23.30 WIB, terpilihlah Ida Ayu Agung Paramitaswari sebagai ketua UKMKHD Universitas Airlangga periode 2008-2009.
Kegiatan penutup, hiking, dilakukan pada hari terakhir. Rombongan mahasiswa mendaki bukit yang terletak di daerah tersebut. Di puncak bukit terdapat suatu candi bernama Candi Dadi. Keadaannya sangat sederhana, tersusun dari bebatuan dan memiliki sebuah lubang seperti sumur tepat di tengah-tengah candi tersebut. Di tempat itu juga, pelantikan Ketua UKMKHD dilangsungkan.(ayu)

0 komentar:

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com