Dharma dan Kebenaran Adalah Nafas Kehidupan

.

Krishna berkata, ”Di mana ada Dharma, dimana ada kebajikan dan kesucian, dimana kewajiban dan kebenaran dipatuhi, disana akan ada kemenangan. Orang yang melindungi Dharma akan dilindungi oleh Dharma. Arjuna, amalkanlah Dharma selalu. Tempuhlah kehidupan yang suci dan terhormat.”

Dharma memiliki tujuh segi seperti halnya matahari mengandung tujuh warna. Segi Dharma yang pertama adalah kebenaran. Yang kedua adalah watak yang baik. Yang ketiga adalah kebajikan, yang keempat pengendalian indera, kelima adalah tapa, keenam menjauhi (nafsu dan keinginan) duniawi, dan yang ketujuh adalah tanpa kekerasan. Ketujuh segi Dharma ini dicanangkan untuk melindungi manusia dan untuk kesejahteraan masyarakat.

Seperti panas adalah sifat api, dingin adalah sifat es, harum sifat bunga yang sedang mekar dan manis sifat gula, begitu pula kebenaran adalah sifat manusia. Kebenaran adalah dasar Dharma. Bila manusia menyadari kebenaran sejati yang merupakan sifat dasarnya, maka ia mengetahui kesejatian dirinya. Watak yang baik meupakan watak hidup bagi kebenaran.

Ada tiga sifat watak sangat penting bagi setiap orang yang ingin mencapai sukses dalam bidang kerohanian. Aspek yang pertama sangat tepat dinyatakan dengan kata-kata : kesucian, kesalehan dan kebaikan. Aspek yang kedua dapat dinyatakan dengan kata-kata : toleransi, kesabaran dan ketabahan. Aspek yang ketiga adalah : ketetapan hati, kebulatan tekad dan keuletan. Pendidikan apapun yang kau miliki dan betapapun kayanya engkau, apapun jabatanmu dan apapun gelar yang kau miliki, tetapi jika engkau tidak memiliki ketiga aspek watak ini, maka engkau tidak lebih dari orang mati. Orang hanya memperhatikan keindahan luar, tetapi Tuhan hanya mengenal keindahan batin. Sebenarnya bagi manusia, watak yang luhurlah yang merupakan keindahannya. Orang yang tidak memiliki watak yang baik, tidak jauh berbeda dari sebuah batu. Engkau harus mengikuti ketiga segi Dharma ini dan membiarkan setiap aspek bersinar dalam dirimu karena setiap aspek itu merupakan sifatmu yang sejati.

Dapat dikatakan pelaksanaan yang berbeda memberi bentuk yang berbeda pula kepada Dharma, tetapi inti Dharma tetap sama. Kebenaran tidak akan pernah berubah. Kebenaran selalu satu tidak pernah dua. Dalam ketiga waktu dahulu, sekarang dan yang akan datang. Dalam ketiga alam : bumi, langit, dan alam bawah. Dalam ketiga keadaan : jaga, mimpi dan tidur nyenyak dan dalam ketiga guna : satwam, rajas dan tamas, kebenaran tetap satu. Karena kebenaran itu satu dan dasar Dharma, Dharma tidak bisa berubah; ia tidak pernah goyah atau mengalami perubahan.

0 komentar:

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com