Virus Semangat Arek STIKOM

.


Cukup banyak pura di wilayah Jawa Timur yang belum rampung. Padahal pura merupakan hal yang mendasar dalam kegiatan keagamaan umat Hindu. Jadi, niat mulia para mahasiswa dari UKKH STIKOM, yang dituangkan dalam bentuk bakti sosial membangun pura, patut diapresiasi.

Baksos UKKH STIKOM 2008 yang memang merupakan agenda rutin ini dilangsungkan pada 9 – 10 Mei 2008. Total terdapat 39 orang yang mengikuti acara tersebut. Hebatnya, pesertanya tidak hanya didominasi oleh satu angkatan. Bercampurnya berbagai angkatan, mulai dari 2004 hingga 2007, seolah menunjukkan kekompakan yang terjalin erat antar anggota.

Pura yang menjadi target baksos arek-arek STIKOM adalah Pura Wiwara Dharma di Dusun Tenggong, Kelurahan Tangkil, Kecamatan Wlingi, Blitar. Dalam pemilihan pura, UKKH STIKOM juga bekerja sama dengan Puja, salah satu tokoh di WHDI, guna mencari pura yang sedang dalam proses membangun.

Kegiatan utama dari baksos yang diketuai oleh I Gede Abi Yodita ini adalah membantu pembangunan wantilan, dalam hal pembuatan pondasinya. Para mahasiswa bersama warga, menghabiskan hampir sepanjang hari pertama dengan menggali tanah dan mengangkut batu untuk pondasi wantilan. Sementara hari kedua atau hari terakhir kegiatan lebih banyak diisi sosialisasi dengan penduduk sekitar. Sempat pula diadakan Dharma Wacana yang dibawakan oleh Adi Suripto, seorang tokoh masyarakat disana.

Kegiatan positif ini disambut dengan sangat baik oleh penduduk sekitar. Hal ini diakui oleh Suripto di sela-sela acara. Ia menyampaikan terima kasihnya, mewakili umat Hindu disana. Menurut Suripto, kedatangan para mahasiswa dengan mengemban misi sosial ini menularkan semangat dan antusiasme yang besar bagi masyarakat Hindu di Dusun Tenggong. Apalagi dengan kondisi bahwa disana hanya terdapat kurang lebih 20 KK yang beragama Hindu. Wajar apabila mereka, yang sebagian besar mata pencahariannya adalah petani, menyambut hangat kedatangan rombongan mahasiswa UKKH STIKOM ini.

Hal itu pula yang agaknya membuat peserta baksos ini semakin antusias. De Gus, ketua UKKH STIKOM, melihat bahwa selain karena keindahan dan kesejukan suasana Dusun Tenggong, keramahan penduduk menjadi salah satu faktor utama yang membuat para anggotanya sangat bersemangat menjalani seluruh kegiatan baksos. Ke depan, ia mengharapkan kegiatan ini dapat selalu dilaksanakan tiap tahunnya, tentunya dengan persiapan yang lebih baik lagi, sebab kegiatan ini dirasa sangat bagus. Tidak hanya memberi bantuan ke pihak lain, namun juga membawa kepuasan bagi diri sendiri.(mei)

0 komentar:

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com