Kebersamaan Mahasiswa UNAIR di Gunung Bromo

.

Tahun ajaran baru, ada mahasiswa baru dan pengalaman baru. Atmosfer ini yang kental sekali terasa pada momen penerimaan mahasiswa baru (maba). Setelah proses penerimaan yang diadakan di masing-masing fakultas kampus, Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Hindu Dharma Universitas Airlangga (UKM-KHD Unair) pun melangsungkan kegiatan perkenalan dan penerimaan maba melalui “OSPEK”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 19-21 September 2008, mengambil tempat di Desa Wonokitri, Pasuruan. Namun, ini bukanlah ”OSPEK” yang dilalui dengan “jerit dan tangis” seperti era-era sebelumnya, melainkan penuh dengan keakraban, kekompakan, dan kerja sama. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa baik dari angkatan lama maupun angkatan baru. Semua mahasiswa antusias mengikuti acara ini.

Sambutan dari pembina UKM-KHD Unair melepas keberangkatan mahasiswa ke Desa Wonokitri. Perjalanan tersebut ditempuh selama enam jam. Keadaaan cuaca yang dingin, tidak menyurutkan peserta untuk berdoa setelah sampai di tempat. Persembahyangan bersama dilaksanakan di Pura Kerthi Jaya Bhuana.

Rangkaian acara di hari kedua (20/9) dia wali dengan persembahyangan dan sesi dharma wacana yang dibawakan oleh kepala desa setempat beserta pemangku. Topik yang dibahas adalah keadaan geografis Desa Wonokitri, keadaan masyarakat yang kira-kira 96% merupakan pemeluk agama Hindu, dan sejarah dari pura tersebut. Acara dilanjutkan dengan pemberian materi baik itu berupa permainan atau materi yang mengasah otak. Suasana seru berlangsung pada acara tersebut. Kekompakan, kebersamaan, dan kekreatifan nampak sekali pada acara ini.
Hari terakhir diisi dengan jalan-jalan. Ma-hasiswa UNAIR berangkat ke ”puncak” yang letaknya dekat dengan kawah Gunung Bromo. Pengukuhan maba sebagai anggotaUKM-KHD Unair serta persembahyangan bersama yang dilangsungkan di Pura Poten menjadi penutup acara ini.
Walaupun kegiatan penerimaan maba telah berakhir, banyak kenangan yang tidak terlupakan di sana. Hal ini diungkapkan oleh ketua penerimaan maba 2008, Nita. ”Rasa letih telah terbalaskan dengan suksesnya acara ini”, kata cewek yang baru pertama kali ke Bromo itu.(ayu)

0 komentar:

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com