Perjalanan Religius di Malang

.

Malang memang sudah menjadi semacam destinasi favorit bagi umat Hindu dalam ajang pendekatan diri kepada Tuhan. Tidak terkecuali bagi sekelompok mahasiswa Hindu yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Badan Kerohanian Hindu Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UKM BKH UWKS). Terbukti, dalam tahun 2008 saja, sudah dua kali mereka mengadakan kunjungan religi ke beberapa tempat suci di Malang. Setelah sukses dengan Tirta Gemana di bulan April lalu, UKM BKH UWKS kembali menggelar acara serupa pada 6-7 Desember 2008.

Keakraban dan kebersamaan kembali menjadi pemandangan yang tersaji dari rombongan mahasiswa Hindu tersebut. Tidak kurang dari 124 anggota, plus seorang dosen pembimbing, Ketut Yulia Agustini, mengikuti acara ini. Angka tersebut cukup menggambarkan suasana kekeluargaan yang dibangun oleh UKM BKH UWKS. Apalagi jumlah tersebut datang dari berbagai angkatan, mulai dari 2006-2008, ditambah beberapa senior angkatan atas. Jumlah ini saja sudah menunjukkan peningkatan dibanding acara sebelumnya.

Salah satu faktor yang menyebabkan acara bertajuk Tirta Gemana 2008 ini banyak diminati adalah lokasinya yang menarik dan variatif. Tercatat ada tiga pura di daerah Malang dan sekitarnya yang dikunjungi. Pura-pura itu adalah Pura Indra Jaya, Pura Giri Arjuno, dan Pura Segara Amerta Jati, Bale Kambang. Ketiga pura tersebut dijelajahi dalam waktu dua hari sehingga alokasi waktu di masing-masing pura pun menjadi cukup banyak. Untuk beristirahat di sela-sela acara, rombongan UKM BKH UWKS memilih salah satu penginapan di Kota Batu.



Persembahyangan tentu menjadi agenda wajib di acara yang digalang oleh Agung Manik Septiana Putra, ketua panitia Tirta Gemana. Selain itu, peserta juga diberi kebebasan untuk mengeksplorasi tempat-tempat tersebut. Interaksi dengan warga tidak lupa dilakukan oleh semeton UKM BKH UWKS ini. Seperti sudah menjadi tradisi, UKM BKH UWKS, diwakili oleh ketua umum, I Gede Sumantra, menyerahkan dana punia berupa peralatan upacara dan materi di setiap pura. Gede berharap pemberian tersebut dapat berguna bagi umat Hindu yang ada di sana.


Lancarnya kegiatan ini sangat disyukuri oleh Gede. “Kegiatan ini berjalan memuaskan. Medan menuju pura cukup sulit namun syukur semuanya berjalan lancar. Koordinasi panitia sangat baik dalam menyiapkan segalanya.”, katanya mengenai jalannya acara. Para peserta juga menyatakan kepuasannya. “Biayanya mahal. Jalan menuju ke pura juga susah. Tapi sepadan lah. Puas pokoknya.”, ucap Putu Cahya Budi Utama, salah seorang peserta.(mei)

0 komentar:

 

Berita Terbaru

Opini Terbaru

Iklan

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com